Monday, August 3, 2009

Intelligent Building System vs Hacker

Originally Posted by si_sol
Kalaupun pakai kontrol lain (sms, network based, smart card based, dll), secara hacker's point of view tetap ada peluang rumah itu dikontrol oleh maling dari luar. Sepertinya lebih aman yang kombinasi, ada anjingnya, ada pintu biasa, ada bagian yang automatedHacker itu universal bro, nggak cuma sebatas di dunia komputer.

OK, mohon izinkan saya menjelaskan ya,....
SMS…digunakan untuk perintah sesuai dengan yang diprogram pada system…contoh, koneksi ke system via sms harus pakai password dan nomer telepon yang bisa memasukkan password harus sesuai dengn yang ada pada database, lalu perintah yang dimasukkan harus tersedia pula pada system.
Jadi ilustrasinya begini, pada system saya program kalau nomer HP 0811606822 mengirimkan pesan “SISOL ON” dengan password 101823990 maka system harus menyalakan lampu taman misalnya….habis itu saya yang membawa HP dengan nomer tersebut melancong ke Oregon US dan dari sana mengirim sms dengan berita "SISOL ON" ke system maka menyalalah si lampu taman itu khan??!!……jadi disini dapat dilihat system tidak akan meladeni koneksi dari nomer yang tidak ada di data base dan tidak juga meladeni perintah yang tidak terdata dll …so utk tingkat security disini rasanya sudah sangat hebat, pertama anda tdk mungkin make nomer lain untuk melakukan koneksi ke system (kecuali dapat melewati secure switching system connection operator telekomunikasi terlebih dahulu)……,
2, anda harus mengetahui passwordnya,
3 anda juga harus mengetahui isi perintahnya bukan??...
Network base,……boleh saya katakan bahwa Intelligent Building system yang saya bahas disini tidak memerlukan network. Intelligent Building adalah suatu konsep Integrasi seluruh devices (actuator & sensor) yang memiliki IP address sendiri utk mengkontrol seluruh fasilitas gedung agar menjadi satu kesatuan system. Oleh karena itu semua devices (actuator & sensor) dapat diprogram sesuai keinginan dan kebutuhan karena komunikasi antar devices terbentuk......maka prinsip2 ,on-of/buka-tutup-stop, redup-terang, panas dingin, keras-lembut dan lain2 itu adalah tugas actuator yang mengesekusi dari sensor yang menerima data2…….misal salah satu bola lampu ngga nyala atau putus ,seketika itu pula mengirimkan sms ,atau menyalakan indicator lamp diruang operator atau apapun yg bisa anda pikirkan.......................(coba anda perhatikan gambar anjing diatas) itu maksudnya apabila apapun inputnya yang dirasakan oleh sensor2 maka outputnya bisa diprogram sesuai kebutuhan dan kehendak. Oh ya,…utk dapat berkomunikasi dengn devices dimaksud harus dengan gateway khusus serta menjalankan software yang khusus pula…dan semua devices2 tersebut harus didownload dengan program yang disesuaikan.
Smart card base???, hm…kayaknya saya sudah pernah mengulas hal ini….,nanti saya cari dan posting disini…tetapi boleh saya jelaskan bahwa …smart card termasuk kategori sensor yang berisi data2 pribadi seseorang (bisa proximity maupun swipe) ……..jadi kalo mau digunakan sebagai pendukung aplikasi Intelligent Building system, just fine !! tinggal anda katakan apabila terdeteksi smart card tertentu….outputnya mau diapain…..!!
Jadi kesimpulannya, secara Intelligent Building system programmer point of view….,hacker sulit sekali untuk dapat menembus dan masuk kesistem, apalagi bisa mengontrolnya…(supaya menarik…coba anda ilustrasikan apa dan bagaimana hacker bertindak dan saya pastikan penangkalnya sudah tersedia) Kebetulan saya juga pernah belajar hacking, phreakin & carding tapi yang white bro n bisa mensiasati beberapa hal tertentu,…….tetapi ketika saya dibanned di salah satu website,….malah sampe nanar gue mo masuk kesono..hehehehehehe!! emang anda bisa Bantu bro??!! trims

No comments:

Post a Comment